About

Ged a Widget

Pages

cv csm

cv csm
Jasa perbaikan dan penjualan Alat kesehatan dari yang sederhana hingga Modern

Selasa, 25 Desember 2012

FOTOMETER EPPENDORF


1.     SPESIFIKASI ALAT

Nama Alat            : Fotometer
Merk                     : Eppendorf
Type                      : ECOM 6122
Fungsi                   : Untuk mengukur konsentrasi unsur dalam darah (serum) yang terdapat      dalam tubuh manusia dengan metode fotometri.

2.     DASAR TEORI

Fotometri adalah   Seberkas sinar cahaya yang dipancarkan merupakan paket energi yang disebut foton. Apabila suatu materi terkena pancaran elektromaknetik, molekul-molekulnya akan mengadakan hubungan timbal balik dengan foton-foton. Apabila energi foton sama dengan selisih 2nivo(tingkatan energi), maka foton akan memberi energinya dan terjadi eksistansi. Molekul dengan atom didalamnya yang memiliki spesifikasi akan menyerap energi foton dengan panjang gelombang yang memiliki panjang gelombang tertentu. 
3.     Hukum Beerlambert

4.     BLOK DIAGRAM























5.     CARA KERJA BLOK DIAGRAM

1.     Lampu halogen akan memancarkan cahaya polikromatik yang ditangkap oleh monokromator dan dibiaskan menjadi berkas cahaya monokromatik.
2.     Kemudian berkas cahaya dari monokromatik terbentuk menjadi satu berkas cahaya (a) yaitu dengan satu gelombang saja yang melewati filter.
3.     Setelah difilter akan muncul satu gelombang yang menuju ke kuvet yang berisi sample dan cahaya monokromatik diserap maka terjadi proses eksitasi dan menghasilkan cahaya radiasi.
4.     Detector menangkap cahaya radiasi dan mengubahnya ke dalam besaran listrik.
5.     Besaran listrik tersebut masih lemah dan kemudian dikuatkan oleh amplifier.
6.     Dari ampldi teruskan ke ADC untuk dirubah dari data analog ke digital
7.     Kemudian dari data digital diteruskan ke mikrokontroler,kemudian diolah dan ditampilkan ke LCD untuk pembacaan hasil 


6.     CARA KERJA BLOK DIAGRAM EPPENDORF 6122
Lakukan pemilihan tegangan pada voltage selection sesuai tegangan PLN dan nyalakan tombol switch on, sehingga power supply bekerja dan member tegangan pada keseluruhan blok yaitu + 13 V untuk lampu, 12 V untuk power supply, + 12V analog, + 5 volt untuk digitalpart dan LCD. Pilih sesuai dengan sampel yang digunakan dengan menekan tombol keypad yang ditampilkan pada led oleh CPU, CPU otomatis memilih filter dan menggerakkan motor yang digerakkan oleh filter control sesuai range panjang gelombang serum yang dipilih. Selanjutnya hasil pengukuran serum ditampilkan pada LCD.

-        Bila menggunakan inkubasi pada alat, pindahkan kuvet pada tempat inkubasi kemudian bolk mixer control, menggerakan motor untuk putar kiri  dan kanan yang diatur oleh cpu yang sesuai waktu yang dipilih, tunggu waktu inkubasi sampai suhu sensor menampilkan temperature “oke” sudah tercapai,kurang dari sepuluh detik dipindahkan ketempat pengukuran, hasil ditampilkan pada LCD berupa nilai absorban dan volume serum, temperature.

Bila menggunakan inkubasi di luar, langsung letakkan kuvet pada tempat pengukuran sehingga bisa dibaca nilai absorban dan volumenya, temperature. Hasil pengukuran bisa juga diprint dengan blok printer yang di control oleh CPU.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More